KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Laksanakan FGD Tingkat Kabupaten.

 

 

KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Laksanakan FGD Tingkat Kabupaten

Setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2015, KPU Republik Indonesia memberi arahan untuk daerah yang melaksanakan Pilkada agar melaksanakan FGD (Focuss Grup Discussion) sesuai dengan Surat Edaran KPU RI No 144 tentang Evaluasi Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Tahun 2015. Berdasarkan SE tersebut, KPU Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai salah satu Kabupaten yang melaksanakan Pilkada Tahun 2015, melaksanakan kegiatan FGD untuk melakukan evaluasi permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2015 pada hari Kamis (24/03/16). Sebelum pelaksanaan FGD, sekretariat beserta Komisioner KPU Kepulauan Meranti melaksanakan Rapat persiapan untuk menyiapkan dan membahas hal-hal apa saja yang harus disiapkan untuk pelaksanaan FGD. Rapat persiapan kegiatan FGD dilakukan sehari sebelumnya pada Rabu (23/03/16).

Pelaksanaan FGD Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Kepulauan Meranti dimulai pada pukul 09.00 WIB diruangan Media Center Kanto KPU Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam FGD tingkat Kabupaten ini dibahas mengenai beberapa masalah teknik maupun non teknis yang menjadi kendala dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Pada Tahun 2015. Dalam pelaksanaan FGD, KPU RI juga memberikan DIM atau masalah-masalah pokok yang dapat dibahas pada FGD Tingkat Kabupaten.

Beberapa masalah yang dibahas adalah mengenai Anggaran pelaksanaan Pemilu, Pencalonan Pasangan Calon, Penyusunan pemutakhiran data pemilih, Kampanye, Dana Kampanye, Pengadaan dan Distribusi Logistik, Proses pemungutan dan Penghitungan suara, Penyelesaian sengketa pemilihan, Tata kerja penyelenggaraan pemilihan.

Kegiatan ini dibuka oleh  Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Yusli, diikuti oleh empat komisioner lainnya yakni Sanra Marawira, Dadang, Anwar basri, Abu Hamid serta empat orang Kasubag yakni Kasubag Teknis Zaujar, Kasubag Hukum Arif Almanar, Kasubag Program dan Data Hisbullah, Kasubag Umum, Keuangan dan Logistik Fresly Gunata dan staff KPU Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dari kegiatan inilah setiap Komisioner, Kasubag dan Staff menyampaikan permasalahan yang dialami oleh setiap bagian dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2015.

Kegiatan yang berakhir pada pukul 13.30 ini mendapat simpulan tentang permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Kepulauan Meranti. Hasil FGD Tingkat Kabupaten ini nantinya akan dibawa ke FGD Tingkat Provinsi di Kota Pekanbaru.